Sabtu, 27 Oktober 2018

8. Melihat Password Wifi dengan Cain and Abel

Disusun Oleh:
Yusuf Alvino Riondi
064001600014
Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2018
Teori Percobaan
 Cain and Abel merupakan software yang digunakan untuk melakukan sniffing pada jaringan LAN. Sniffing itu sendiri merupakan teknik hacking dimana melakukan penyadapan terhadap paket request dan replay di jaringan LAN. Dari segi cara, sniffing itu terbagi menjadi 2, yaitu active sniffing dan passive sniffing. Active sniffing adalah merubah paket di jaringan atau mengirimkan paket dalam jumlah banyak dengan menggunakan alamat MAC yang berubah-ubah secara acak. Sedangkan passive sniffing adalah melakukan penyadapan tanpa merubah paket apapun di jaringan. Biasanya untuk active sniffing perlu menggunakan tools tambahan (biasanya menggunakan Etherflood). Cain and Abel ini termasuk ke dalam passive sniffing. Intinya adalah kita mengintip atau mengintai aktifitas apa saja yang dilakukan PC client di jaringan LAN, dimana dalam aktifitas itu terdapat informasi rahasia (password). Jadi saya tekankan lagi, tools ini digunakan hanya pada jaringan LAN.

Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi — ini bisa dilakukan dengan memakai beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

"Wi-Fi" adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh memakai nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED".

 

Lab Setup
1. Win 10
2. Cain & Abel for win

Cara Kerja
1. Masuk ke sofware Cain & Abel dengan administrator dan matikan win deffender agar kerjanya makin maksimal

2. Pilih Wireless Passwords kemudian klik gambar +
3. Password dari WIFI yang pernah kita gunakan akan terlihat


Kersimpulan
Dalam percobaan melihat password WIFI dengan Cain & Abel hanya bisa melihat password WIFI yang pernah kita sambung atau terhubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar