Minggu, 02 September 2018

Installasi Wireshark


Disusun Oleh:
Yusuf Alvino Riondi
064001600014

Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2018

Teori Percobaan

Wireshark adalah program Network Protocol Analyzer alias penganalisa protokol jaringan yang lengkap. Program ini dapat merakam semua paket yang lewat serta menyeleksi dan menampilkan data dari paket tersebut. secara garis besar cara kerja wireshark terdiri dari dua tahapan
1. Merekam semua paket yang melewati interface yang dipilih (Interface adalah perangkat penghubung antar jaringan, bisa melalui wifi atau ethernet / lan card)
2. Hasil rekaman tadi dapat dianalisa. disini kita dapat memfilter protocol apa yang kita inginkan seperti tcp, http, udp dan sebagainya. Wireshark juga dapat mencatat cookie, post dan request.

Wireshark merupakan salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya terrmasuk protokol didalamnya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.

Wireshark mampu menangkap paket-paket data atau informasi yang berseliweran dalam jaringan. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berseliweran di dalam jaringan dan menganalisanya.

Wireshark dipakai oleh network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark mampu menangkap paket-paket data atau informasi yang berjalan dalam jaringan yang terlihat dan semua jenis informasi ini dapat dengan mudah dianalisa yaitu dengan memakai sniffing , dengan sniffing diperoleh informasi penting seperti password email account lain.

Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa lalu-lintas jaringan komputer, yang memiliki fungsi-fungsi yang amat berguna bagi profesional jaringan, administrator jaringan, peneliti, hingga pengembang piranti lunak jaringan.

Wireshark dapat membaca data secara langsung dari Ethernet, Token-Ring, FDDI, serial (PPP dan SLIP), 802.11 wireless LAN, dan koneksi ATM. 

Program ini juga sering digunakan oleh chatters untuk mengetahui ip korban maupun para chatter lainnya lewat typingan room.

Tool wireshark dapat menganalisa transmisi paket data dalam jaringan, proses koneksi dan transmisi data antar komputer.


Lab Setup
1. Wireshark win 64-bit 2.6.3.exe
2. Laptop

CARA PERCOBAAN

1. Download wireshark 64bit 2.6.3.exe
2.  Install wireshark. Klik Next

3. Klik I Agree

4. Klik Next

5. Klik next untuk menyimpan direktorinya

6. Klik Install

7. Tunggu beberapa saat

8. Klik Finish
10. Buka Wireshark yang telah di install. Klik Wi-fi

11. Akan terlihat IP yang tersambung pada Wi-fi tersebut
12.  Login ke spmb trisakti
13. ketik http pada wireshark. Untuk mengetahui protocol HTTP
14. Cari  Protocol HTTP dengan info POST. Maka akan ditemukan username dan password spmb.
Dalam ilmu teknologi web, perintah GET berarti penerimaan paket terjadi dari web server ke komputer lokal, sedangkan POST berarti pengiriman paket terjadi dari komputer lokal ke web server. Karena secara logika ketika kita melakukan input password, artinya kita sedang melakukan POST password dari komputer lokal ke web server untuk dicek kebenaran password tersebut.

Kesimpulan
Pada Wireshark kita mengetahui perangkat apa saja yang terhubung disatu jaringan Wi-fi yang Anda gunakan. Anda juga mengetahui password dan username untuk login keakun mana saja dengan menggunakan wireshark




Tidak ada komentar:

Posting Komentar