Minggu, 04 November 2018

10. Tugas Mandiri

Tugas Mandiri
Email Spoofng Dengan Metode Digital Forensics Research WorkShop ( DFR WS )


Kelompok D
Nama   :           Muhammad Hibatul Azizi
Nim     :           064001600021
Nama   :           Yusuf Alvino Riondi
Nim     :           064001600014

UNIVERSITAS TRISAKTI
1.Latar Belakang
Email spoofing dianggap sebagai tindakan membahayakan, karena melakukan manipulasi data pada header email untuk menyamar sebagai orang atau organisasi yang sah, contohnya seperti melakukan pengiriman email dengan nama pengirim seolah dari administrator suatu organisasi. Pengirim email spoofing menyerang dengan berbagai macam isi pesan untuk membuat percaya korban yang menerima email tersebut.
Serangan yang paling terkenal dari email spoofing adalah serangan phishing. Para penyerang dalam kategori ini biasanya tertarik pada informasi yang bersifat rahasia yang dimiliki oleh korban. Salah satu contoh dari email phishing adalah dengan melakukan penyamaran sebagai email resmi dari bank
Hasil dari laporan yang dipaparkan oleh , Email Phishing memang mengalami penurunan pada bulan sepetember 2016, namun penurunan tidak terlalu signifikan dari bulan agustus 2016. Penurunan tingkat aktifitas email phishing yang signifikan terjadi pada bulan januari, bulan maret dan bulan Juli 2016, namun setiap bulan setelah penurunan tingkat email phishing yang signifikan, justru terjadi pula peningkatan yang signifikan pada bulan selanjutnya.  

2. Perumusan Maslaah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji oleh penulis dalam Tugas Akhir ini adalah Invesitigasi Email Spoofng Dengan Metode Digital Forensics Research WorkShop ( DFR WS ).
·         Bagaimana cara proses kerja Email Spoofing
·         Bagaimana cara mengidentifikasi Email Spoofing
·         Cara mencegah Email Spoofing
3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki sistem lama, yang secara manual dan menggantikannya dengan sistem baru, berjalan secara terkomputerisasi. Penggantian sistem ini diharapkan dapat menghemat biaya serta menghemat waktu yang telah dikeluarkan selama proses penilaian.
·         Untuk Mengetahui cara proses kerja Email Spoofing
·         Untuk Mengetahui cara mengidentifikasi Email Spoofing
·         Langkah langkah untuk mencegah terjadinya Email Spoofing
4. Batasan Penelitian
Penelitian ini memiliki batasan/ruang lingkup penelitian yang mencakup .
·         Pemahaman tentang berbagai jenis email akan meningkatkan pengguna supaya lebih sadar tentang pola pada berbagai jenis email
·         Analisis dilakukan pada isi pesan email untuk menentukan legitimasinya
Metode Penelitian
·         Identifikasi (Identification)
Identifikasi dilakukan untuk melakukan penentuan kebutuhan yang diperlukan pada penyelidikan dan pencarian bukti.
·         Pemeliharaan (Preservation)
pemeliharaan dilakukanan untuk  menjaga bukti digital agar memastikan keaslian bukti dan membantah klaim bukti telah dilakukan sabotase.
·         Pengumpulan (Collection)
Pengumpulan merupakan tahap untuk melakukan identifikasi bagian tertentu dari bukti digital dan melakukan identifikasi sumber data
·         Pemeriksaan (Examination)
Pemeriksaan dilakukan untuk menentukan filterisasi data pada bagian tertentu dari sumber data, filterisasi data dilakukan dengan melakukan perubahan bentuk data namun tidak melakukan perubahan pada isi data karena keaslian data merupakan hal yang sangat penting. 
·         Analisis (Analysis)
Analisis merupakan tahap untuk melakukan penentuan tentang dimana data tersebut dihasilkan, oleh siapa data tersebut dihasilkan, bagaimana data tersebut dihasilkan dan kenapa data tersebut dihasilkan  F. Presentasi (Presentation)
·         Paper Acuan
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/16821
5. Alat dan Bahan
Alat dan bahan dalam tugas mandiri ini dibutuhkan software dan hardware agar terhubung dalam satu jaringan (Wifi) yang kuat.

Software:
·         Email
·         OS Windows
·         Browser
·         https://emkei.cz/


Hardware:
Laptop

Klik ini untuk melihat lebih lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar